Politeknik Negeri Ambon Diminta Siapkan SDM Blok Masela

Politeknik Negeri Ambon diminta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja  industri petrokimia pengelolaan gas alam di Blok Masela.

Demikian permintaan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir kepada Direktur Politeknik Negeri Ambon yang baru dilantik, Sabtu (25/2/2017).

“Kita ingin mengelola Blok Masela, dan butuh SDM besar. Harapan saya adalah Politeknik Negeri Ambon mampu memenuhi kebutuhan SDM Blok Masela karena akan dieksplorasi tidak begitu lama lagi,” ucapnya.

Nasir mengingatkan Direktur Politeknik Negeri Ambon yang baru, bahwa “dalam mengelola politeknik ke depan tidak cukup mengelola begitu saja, tapi bagaimana ke depan mengelola SDM berkualitas.”

Nasir mengatakan, agar kualitas SDM meningkat, salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan 70% kuliah praktik agar setelah lulus langsung siap kerja.

Selain itu, Nasir  juga menugaskan Politeknik Negeri Ambon memberikan pendidikan ke pulau-pulau di sekitar wilayah tersebut.

Nilai investasi industri petrokimia berbasis gas tersebut mencapai USD3,9 miliar, termasuk juga mendukung berdirinya pabrik metanol dan turunannya.

Proyek ini diharapkan mampu menyerap sekira 39 ribu tenaga kerja langsung dan sebanyak 370 ribu tenaga kerja tidak langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *